Ini Tips Sehat bagi Penderita Diabetes yang Ingin Mudik

Rabu, 06 Juni 2018 - 17:30 WIB
Ini Tips Sehat bagi Penderita Diabetes yang Ingin Mudik
Ini Tips Sehat bagi Penderita Diabetes yang Ingin Mudik
A A A
JAKARTA - Melakukan perjalanan mudik dalam waktu lama tentunya membutuhkan mempersiapkan kesehatan yang ekstra. Tanpa terkecuali penderita diabetes. Mereka harus memantau kadar gula lebih ketat terutama jika melakukan perjalanan saat puasa.

"Ditambah dengan berpuasa dalam perjalanan mudik. Pemantuan kadar gulanya harus lebih ketat," ujar Kepala Seksi Gangguan Metabolik Direktorat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Sylviana Andinisari, M.Sc.

Selain memantau kadar gula darah lebih ketat, penderita diabetes yang melakukan perjalanan mudik dengan darat juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi ke dokter sebelum memulai perjalanan. Cara ini dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat menyebabkan hipoglikemia atau rendahnya kadar gula darah. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memicu hilangnya kesadaran. Karena itu, jika merasa tidak nyaman, dr Sylviana menyarankan untuk segera berbuka puasa.

"Tetap harus kontrol gula darah dulu. Mudik itu kan keluar banyak energi. Penderita harus mengetahui tanda-tanda ketika kekurangan gula darah. Kalau sedang dalam kondisi macet, lalu tidak bawa obat, tidak ada makanan atau minuman untuk menaikkan kadar gula, bahaya. Jangan tunggu sampai pingsan. Buka puasa dengan teh manis," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3553 seconds (0.1#10.140)